Danau Jernih Muncul Pasca Kota Kupang Diterjang Badai Seroja

Danau muncul di wilayah RT 14, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), usai Badai Seroja. foto: kc
Danau muncul di wilayah RT 14, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), usai Badai Seroja. foto: kc

SURYAFLOBAMORA.COM – Pasca Provisi NTT termasuk Kota Kupang diterjang badai Seroja, viral pemunculan sumber mata air bersih dan berkapasitas besar hingga menjadi danau baru di RT 14, RW 6, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang .

Pemuncuan sumber mati air yang kabarnya pernah ada beberapa tahun silam dalam aliran yang kecil, tapi kini memnyerupai aliran sungai, menimbulkan berbagai pertanyaan bahkan warga mulai khawatir danau makin membesar sehingga menggenangi kawasan tersebut.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Timur, Margiono sperti dikutip kompas.com. mengatakan penyebab pembentukan danau merupakan dampak cuaca ekstrem.

“Kondisi cuaca saat itu sangat ekstrem sehingga memicu munculnya sumber-sumber mata air dari batu-batuan pada punggung bukit di daerah ini,” kata Margiono di lokasi danau Tankolo di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang seperti dikutip dari Antara, Selasa (20/4).

Ia mengatakan, curah hujan yang tinggi dapat memicu munculnya sumber mata air baru.

“Air yang begitu banyak dalam tanah dan sudah jenuh maka berusaha mencari jalan untuk keluar dengan masuk ke celah-celah batu untuk bisa keluar,” kata Margiono.
Margiono menambahkan, hujan masih berpotensi terjadi di Kota Kupang. Meski, hujan yang turun tak akan selebat dua pekan lalu.

Saat ini, kata dia, NTT sudah memasuki pancaroba, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Meski begitu, potensi terjadinya hujan masih ada di daerah ini.

“Secara klimatologi daerah ini sudah mulai memasuki masa pancaroba, tetapi bisa terjadi hujan yang sifatnya lokal tidak secara sporadis seluruh Kota Kupang,” katanya.

Sebuah danau muncul di RT 14, RW 6, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah badai seroja menghantam wilayah itu pada beberapa waktu lalu.

BACA:Muncul Pulau Baru di Rote Ndao saat NTT Diterjang Badai Seroja. Pertanda Apa?

BACA:MENGGUGAT SEROJA : Apalah Arti Sebuah Nama?