Dua Hari Berturut Jakarta Pecahkan Rekor Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, SURYAFLOBAMORA.COM – Ini bukan prestasi meski memecah rekor. Jakarta dua hari berturut-turut mecah rekor penambahan kasus baru covid-19 yakni Jumat (18/6/2021) dan Sabtu (19/6/2021) kemarin.

Rekor pertama kali terpecahkan pada Jumat dengan 4.737 kasus harian. Angka ini jauh ‘mengungguli’ rekor sebelumnya yang tercipta pada 7 Februari 2021, yakni dengan 4.213 kasus harian. Sementara rekor terbaru kembali tercatatkan pada Sabtu dengan 4.895 kasus positif harian. L

Lonjakan terbaru kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jakarta ini terjadi usai gelombang libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri pada bulan Mei lalu. Sementara, lonjakan sebelumnya pada bulan Februari terjadi pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Ribuan warga terpantau meninggalkan Ibu Kota pada periode liburan tersebut untuk pulang kampung atau sekadar pelesir ke luar kota. Ketika itu lah transmisi Covid-19 terjadi.

Fenomena yang terlihat beberapa minggu terakhir, di mana kasus positif terus merangkak naik, memperlihatkan bahwa masyarakat tidak pernah belajar dari kesalahan yang terjadi sebelumnya.

Padahal, berbagai pihak telah memperingatkan akan potensi terjadinya peningkatan kasus jika mobilitas tidak dibatasi. Pemerintah bahkan sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik, namun tidak diindahkan.

Sejumlah pos penyekatan bahkan dibobol oleh ratusan warga yang nekat pulang kampung kampung. “Dari sini kami belajar, sebagus apa pun kebijakan yang dibuat apabila tidak diikuti dengan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, maka tidak akan terimplementasi dengan baik untuk memberikan dampak positif,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pada Mei lalu.

BACA:Buka Sehari Tower 8 Wisma Atlet Terima 662 Pasien Covid-19, Update: NTT Tambah 20 Kasus Baru

BACA:Sekilas Tentang Kampung Tradisional Pemburu Ikan Paus di NTT