Penerbangan Wings Air Tujuan Lembata dan Larantuka Dibatalkan

KUPANG, SURYAFLOBAMORA.COM- Penerbangan pesawat Wings Air tujuan Bandara Eltari Kupang ke Bandara Wunopito Lembata dan Bandara Gewayang Tanah Larantuka, dibatalkan pihak maskapai, Kamis (22/7/2021).

Sejumlah penumpang yang hendak berangkat ke Lembata dan Larantuka menggunakan Pesawat Wings Air, terpaksa dipulangkan.

Pasalnya, jumlah calon penumpang untuk dua rute tersebut, tidak mencukupi kapasitas muatan pesawat untuk penerbangan. Hal itu dikeluhkan para penumpang Wings Air.

“Ya kami baru kembali dari bandara. Tadi mau cek in ke Lewoleba dengan Wings Air, tapi baru diberitahu tidak jadi terbang karena penumpang sepi, “kata Hasan M, salah satu calon penumpang Wings Air Lewoleba.

Kata Hasan, dirinya dan beberapa calon penumpang sempat meminta pindah rute penerbangan tujuan Kupang-Larantuka, tetapi juga dibatalkan.

“Saya minta pindah lewat Larantuka juga tidak jadi terbang, alasan yang sama. Padahal tiket PP sudah dibayar. Pihak maskapai suru urus pengembalian tiket di tempat beli tiket. Ini karena gegara Covid-19. Semoga pandemi Covid ini cepat usai agar aktivitas kembali normal,”ungkap Hasan.

Terkait alasan pembatalan penerbangan itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro yang dihubungi SuryaFlobamora.com menjelaskan, untuk frekuensi terbang (layanan penerbangan), disesuaikan dengan jumlah permintaan pasar.

Dan saat ini, jumlah calon penumpang pesawat, masih termasuk kategori rendah atau minim permintaan penumpang. Selain itu, Lion Air Group mendukung program PPKM yang sejalan dengan upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19.

“Itu alasannya. Dan kaitannya ke bisnis adalah hal lazim. Maka Lion Air Group melakukan adaptasi. Wings Air telah menginformasikan atas pembatalan/ penundaan penerbangan itu,”jelas Danang Mandala.

Kata Danang Mandala, Wings Air telah menawarkan pilihan kepada paracalon penumpang, agar dapat melakukan perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau proses pengembalian dana (refund).