IMMALA Desak Polres Malaka Proses Pelanggaran Prokes 7 Oknum DPRD

Ketua IMMALA Kupang, Edwin Tuna
Ketua IMMALA Kupang, Edwin Tuna

MALAKA, SURYAFLOBAMORA. COM- Ikatan Mahasiswa Malaka (IMMALA) Kupang, mendesak Polres Malaka segera memeroses beberapa oknum Anggota DPRD Malaka yang diduga melanggar protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Oknum Anggota DPRD itu yakni berinisial JK, RSK, MK dan HMS dari Golkar, IF ( PDIP), BK (HANURA) dan FS (NASDEM ) serta beberapa ASN dan tenaga honorer daerah.

“Setelah kami melihat dan mencermati beberapa pernyataan di media atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan kekarantinaan masyarakat yang dilakukan oknum DPRD Malaka, kami minta Polres Malaka secepatnya lakukan proses hukum,” kata Ketua IMMALA Kupang, Edwin Tuna, Sabtu (24/7/2021).

Kata Edwin, terkait hal itu, pihaknya mengapresiasi sikap yang diambil pimpinan DPRD Malaka, untuk menindak beberapa oknum Anggota DPRD tersebut. Pasalnya, beberapa Anggota DPRD itu diduga melakukan pelanggaran Prokes kekarantinaan masyarakat sebagaimana yang tercamtum dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 Pasal 93 yang menjelaskan secara detail pasal 9 ayat ( 1) a quo .

“Kami apresiasi sikap pimpinan DPRD Malaka. Kami akan terus kawal dan minta pihak kepolisian Polres Malaka tetap konsisten melakukan tindakan penyidikan. Sehingga beberapa oknum Anggota DPRD Malaka segera diproses ke tahap selanjutnya,” kata Edwin.

Mahasiswa Hukum Unwira Kupang ini mengatakan, dugaan pelanggaran Prokes oleh Anggota DPRD Malaka tersebut, bukan suatu kebetulan. Untuk itu, Badan Kehormatan DPRD juga harus ambil tindakan tegas atas hal ini, meskipun masalah ini sedang ditangani Polres Malaka.

“Harus proses hukum. Badan Kehormatan DPRD juga harus ambil tindakan. Ini salah satu cermin dan pedoman bagi masyarakat agar taat dan percaya pada pemberlakuan Prokes kekarantinaan masyarakat,” jelas Edwin.

Ditambahkannya, acara yang digelar di Kantor DPRD Malaka tersebut, bukan hal yang kebetulan tetapi diduga direncanakan oleh beberapa oknum DPRD. Dan kuat dugaan minuman keras dalam acara itu, disiapkan oknum Anggota DPRD.

Penulis: Protus Burin
Editor: Alvin Lamaberaf