Unwira Resmi Jadi Pusat Test TOEIC, Jalin Kerjasama dengan ITC Jakarta

Pusat Test TOEIC Unwira Kupang (foto: Humas Unwira)
Pusat Test TOEIC Unwira Kupang (foto: Humas Unwira)

KUPANG, SURYAFLOBAMORA.COM- Penguasaan Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris di zaman ini, tidak bisa dipungkiri. Bahasa Inggris sebagai salah satu Bahasa Internasional yang paling banyak digunakan dan menjadi hal yang urgen.

Tuntutan itu, mendorong Unwira Kupang untuk menyiapkan para mahasiswa/mahasiswinya agar memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Langka konkrit yang diambil adalah menjalin kerjasama dengan International Test Center (ITC) Jakarta untuk mengadakan pelayanan test bagi Mahasiswa, Dosen, Karyawan dan masyarakat umum.

Pembelian Campus License pada Maret 2021, telah menandai bahwa Unwira Kupang resmi menjadi Pusat Test TOEIC.

“Unwira resmi menjadi Pusat Test TOEIC.
Kerjasama ini sudah dimulai sejak tahun 2019. Tetapi karena terkendala dengan adanya pandemi Covid 19 maka baru terealisasi pada awal Maret 2021,” kata Dr. Elvis Albertus Bin Toni, S.Pd, MA Ketua Program Studi Bahasa Inggris Unwira Kupang, Kamis (30/9/2021).

Kata Elvis Bin Toni, banyak orang meyakini bahwa dengan menguasai Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris mereka banyak mendapat kemudahan. Misalnya studi lanjut ke luar negeri. Persyaratan wajib yang biasa diminta oleh pihak penyandang beasiswa maupun kampus yang akan dituju, adalah bukti penguasaan Bahasa Inggris berupa Sertifikat Proficiency Test. Salah satu jenis Sertifikat Proficiency Test yang biasa diminta adalah TOEIC (Test of English for International Communication).

“Banyak urusan di berbagai bidang menuntut skill ini. Kalau studi ke luar negeri, wajib diminta Sertifikat Proficiency Test. Dan yang biasa diminta adalah TOEIC,” kata Elvis.

Dikatakannya, Perguruan Tinggi di beberapa negara di Asia, seperti Jepang, Korea, dan Singapore, Sertifikat TOEIC menjadi salah satu syarat masuk penerimaan mahasiswa asing.
Selain itu, di beberapa perusahan baik BUMN seperti Pertamina maupun perusahan swasta seperti Metro TV dan lainnya, Sertifikat TOEIC merupakan sebuah syarat untuk melamar kerja.