PLT Bupati Lembata Tinjau Drainase Kali Kaona dan Segera Lakukan Penataan

Plt Bupati Lembata, Dr.Thomas Ola Langoday meninjau lokasi Kali Kaona dan drainase di Kota Lewoleba, Jumat (4/9/2021)/
Plt Bupati Lembata, Dr.Thomas Ola Langoday meninjau lokasi Kali Kaona dan drainase di Kota Lewoleba, Jumat (4/9/2021)/

LEMBATA, SURYAFLOBAMORA.COM- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday, meninjau situasi dan kondisi fisik Kali Kaona yang berada di Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Jumat (3/9/2021).

Dr. Thomas didampingi Kadis PUPR, Aloysius Muli Kedang bersama Camat Nubatukan, Frans Dangku dan Lurah Lewoleba Timur, Antonius R.F. Aikoli, S.IP.

“Hari ini kita tinjau Kali Kaona untuk segera lakukan penataan drainasenya sampai ke pantai,” kata Dr. Thomas.

Dalam kunjungan itu, Dr. Thomas melihat kondisi fisik drainase. Sampah dan lumpur yang mengendap sepanjang Kali Kaona, menjadi perhatiannya.

Menurut Dr. Thomas, pihaknya dalam hal ini Pemda Lembata akan segera melakukan penataan drainase Kali Kaona. Rencananya, pada Sabtu 4 September 2021 besok, masyarakat sekitar bantaran Kali Kaona dan Karang Taruna, akan bergotong royong menata dan membersihkan drainase yang tertumpuk sampah dan lumpur.

Penataan drainase Kali Kaona itu, dilakukan sesegera mungkin untuk mengantisipasi musim hujan dan banjir beberapa bulan ke depan. Pasalnya, warga sepanjang bantaran Kali Kaona dan sekitarnya sering mengeluh kebanjiran di saat musim penghujan.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada ketua RT/RW, Karang Taruna dan masyarakat sekitar yang berjanji membersihkan drainase secara swadaya setelah pembersihan dengan alat berat oleh Pemda. Pada titik-titik tertentu di mana alat berat tidak bisa mengangkat sampah dan lumpur, maka besok hari Sabtu, Karang Taruna akan bergotong royong membersihkan,” kata Dr. Thomas Langoday.

Penulis: Protus Burin
Editor: Alvin Lamaberaf