Pemda Lembata Siap Lakukan 4 Hal Mendorong Pertumbuhan UMKM

Dr. Thomas Ola Langoday Bupati Lembata
Dr. Thomas Ola Langoday Bupati Lembata

LEMBATA, SURYAFLOBAMORA.COM- Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, akan siap mendorong pertumbuhan UMKM di Lembata, sebagaimana yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo dan kembali ditegaskan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Plt. Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday mengatakan, ada 4 (empat) hal yang menjadi tugas yang harus dilakukan Pemda Lembata untuk mendorong pertumbuhan UMKM tersebut.

Diantaranya; Pertama, mengedukasi kelompok masyarakat dan UMKM untuk mengetahui, memahami dan menggunakan akses layanan keuangan formal secara kontinyu.

Kedua, membangun infrastruktur dan suprastruktur layanan akses keuangan formal yang menjangkau kelompok masyarakat dan UMKM.

Ketiga, digitalisasi layanan akses keuangan formal dan Keempat, untuk mencapai semua itu maka diperlukan sinergitas antara Pemda (OPD) dengan berbagai kelompok dan UMKM bentukan, lembaga keuangan Bank dan non Bank, dan berbagai pegiat masyarakat lainnya.

“Empat hal itu menjadi tugas Pemda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM di Lembata,” kata Dr. Thomas Langoday, Selasa (31/8/2021) petang.

Dr. Thomas Langoday mengatakan, sampai sejauh ini, kelompok masyarakat dan UMKM belum banyak yang terhubung dengan akses layanan keuangan formal. Dan kendala utamanya adalah, belum banyak masyarakat yang memahami pentingnya literasi dan inklusi keuangan.

“Memang UMKM kita belum banyak yang terhubung dengan akses layanan keuangan formal. Belum banyak yang paham pentingnya literasi dan inklusi keuangan,” kata Dr. Thomas Langoday.

Menurutnya, semua hal ini, bisa berjalan jika ada komunitas yang memainkan peran sebagai penggerak. Dalam hal ini Pemda yakni Sekda sebagai koordinator dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Sekda mesti menjadi Social Entrepreneur dan khususnya sebagai Birokrat Entrepreneur.

“Mereka menjadi orang kunci yang berpikir entrepreneur, bertindak entrepreneur dan menghasilkan keluaran entrepreneur. Sehingga kedepannya, seorang pimpinan OPD adalah seorang birokrat entrepreneur,” pungkas Dr. Thomas Langoday.

Penulis: Protus Burin
Editor: Alvin Lamaberaf