Yayasan Bali Bersih Bantu Solar Cell dan Filter Air bagi Koban Bencana Lembata

Yayasan Bali Bersih Bantu Solar Cell dan Filter Air untuk korban bencana Ile Ape Lembata
Yayasan Bali Bersih Bantu Solar Cell dan Filter Air untuk korban bencana Ile Ape Lembata

LEMBATA, SURYAFLOBAMORA.COM- Yayasan Bali Bersih Westerlaken Foundation memberi bantuan Solar Cell dan Filter Air Bersih untuk 100 penyintas bencana banjir dan longsor di Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Bantuan yang diberikan sejak Jumat 27 Agustus-Sabtu 28 Agustus 2021 itu, diutamakan kepada para penyintas yang masih bermukim di pondok-pondok kebun di Ile Ape. Proses distribusi bantuan tersebut, melibatkan Relawan Sahabat Penyu Loang.

Para penyintas pun diajarkan cara menggunakan listrik tenaga surya (solar cell) dan filter air dari Relawan Yayasan Bali Bersih, Sandy Wijaya dan Rodney Wasterlaken.

Sandy Wijaya sangat senang karena Yayasan Bali Bersih bisa membantu masyarakat Ile Ape yang terdampak bencana.

“Kami senang bisa bantu masyarakat di sini. Jangan lupa bersyukur dan jangan menyerah. Senyum dan tetap semangat,” ungkap Sandy.

Sementara, Policarpus Bala dari Sahabat Penyu Loang menyebutkan, bantuan Solar Cell dan Filter air tersebut, merupakan program dari Yayasan Bali Bersih bagi para penyintas bencana di Lembata.

Menurutnya, Sahabat Penyu Loang membantu Yayasan Bali Bersih mendata calon penerima bantuan. Dan setelah itu bersama-sama menyalurkan bantuan tersebut kepada para penyintas bencana Ile Ape yang berada di lokasi pengungsian mandiri.

“Lampu penerangan dan penyaring air sangat dibutuhkan para penyintas di lokasi pengungsian mandiri. Penyaring air ini, pasti akan sangat membantu masyarakat karena air tanah yang dikonsumsi di pondok-pondok kebanyakan air payau,” kata Policarpus.

Penulis: Protus Burin
Editor: Alvin Lamaberaf