Saksikan! Malam Ini, Minggu 27 Juni 2021 Ada 2 Hujan Meteor

Ilustrasi hujan meteor(SHUTTERSTOCK/SKY2020)
Ilustrasi hujan meteor(SHUTTERSTOCK/SKY2020)

SURYAFLOBAMORA.COM – Malam ini, Minggu (27/6/2021) langit Indonesia kan dihiasi dua fenomena hujan meteor. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan, dua fenomena hujan meteor tersebut adalah Bootid dan Scutid.

Penjelasan lebih rincinya.

1. Hujan Meteor Bootid

Hujan meteor Bootid adalah hujan meteor yan titik radian atau awal kemunculan meteornya terletak di konstelasi Bootes. Hujan meteor ini berasal dari sisa debu komet periodeik 7p/Pons-Winnecke.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang Hasanuddin menjelaskan bahwa sebenarnya hujan meteor ini sudah aktif sejak 22 Juni yang lalu, dan masih akan berlangsung hingga 2 Juli mendatang.

Namun, puncaknya akan terjadi pada malam nanti dengan intensitas bervariasi antara 0-100 meteor per jam ketika di zenit. Untuk Anda yang ingin menyaksikannya, bisa melihat ke arah Timur Laut ketika senja bahari, yang kemudian akan berkulminasi di arah Utara pada pukul 20.30 waktu setempat dan terbenam di arah Barat Laut pada pukul 02.00 dini hari waktu setempat.

2. Hujan Meteor Scutid

Hujan meteor Scutid adalah hujan meteor yang titik radian atau awal kemunculan meteornya terletak di konstelasi Scutum di sekitar bintang Eta Serpentis (Tejat).

“Hujan meteor ini diduga berasal dari sisa debu asteroid 2004 CL (331876),” tulis Andi dalam laman resmi edukasi sains lapan.

Disebutkan Andi bahwa hujan meteor Scutid ini telah aktif sejak 2 Juni lalu dan masih akan berlangsung hingga 29 Juli mendatang. Sementara, puncaknya sama seperti hujan meteor Bootid yang akan terjadi malam ini, 27 Juni 2021.

BACA:Hujan Mengguyur Jokowi di Food Estate, Disambut Teriakan I Love You Jokowi

BACA:Warga Lobohusu Manggarai Barat Konsumsi Air Kali Sepanjang Tahun