Kota Kupang Jadi Percontohan Berketahanan Iklim

Pantai Meko berpasir timbul di Adonara Kabupaten Flotim NTT
Ilustrasi. Pantai Meko berpasir timbul di Adonara Kabupaten Flotim NTT

SURYAFLOBAMORA.COM –  Kota Kupang terpilih menjadi salah satu dari 10 kota contoh di Indonesia, penerima manfaat proyek Climate Resilient and Inclusive Cities (CRIC).

Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, mengatakan, proyek CRIC akan mendukung kota-kota dalam mempersiapkan rencana pembangunan perkotaan selama lima tahun ke depan sebagai kota-kota yang berketahanan iklim dan berkelanjutan melalui analisis ilmiah, penerapan perangkat yang inovatif dan pembelajaran, khususnya untuk memperkuat praktik tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, proyek ini juga untuk mempercepat aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim melalui pemahaman yang lebih baik tentang sumber daya lokal dan masyarakat, kekompakan sosial, inklusif, kemakmuran dan kota-kota inovatif serta ketahanan iklim dan upaya pelestarian lingkungan hidup.

CRIC telah mengidentifikasi sepuluh kota di Indonesia sebagai penerima manfaat kegiatan ini, salah satunya Kota Kupang Kota-kota lainnya antara lain Pangkalpinang, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Banjarmasin, Mataram, Gorontalo dan Ternate.

Menurut dia, kepala daerah dari 10 kota tersebut diminta untuk mempersiapkan beberapa hal.