BREAKING NEWS –  BMKG Keluarkan Peringatan Gempa Larantuka Berpotensi Tsunami

Pusat Gempa Larantuka
Pusat Gempa Larantuka

SURYAFLOBAMORA.COM – Gempa dengan magnitudo 7,5 mengguncang Larantuka, NTT. Gempa ini berpotensi tsunami Situs resmi BMKG, Selasa (14/12/2021) menyebutkan, pusat gempa berada di laut.

“Potensi tsunami!” tulis BMKG. Pusat gempat berada pada kedalaman 12 Km. Titik pusat gempa berada pada koordinat 7,59 LS- 122,26 BT. “112 km barat laut Larantuka, NTT,” tulis BMKG.

BMKG kemudian mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah daerah di Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Barat (NTT-NTB). BMKG meminta pemerintah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Maluku, NTT dan NTB, dengan status ‘waspada’ tsunami mengarahkan masyarakat agar menjauhi pantai.

“Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status ‘Waspada’ diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,” tulis BMKG dalam situs resminya, Selasa (14/12/2021).

Sementara untuk pemerintah daerah dengan status ‘siaga’ tsunami diminta mengarahkan masyarakat untuk mengevakuasi diri. Masyarakat harus mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

“Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status ‘Siaga’ diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi,” sebut BMKG.

Berikut daftar daerah yang berpotensi tsunami:

Selayar (SULSEL) = SIAGA
Pulau Ende (NTT) = SIAGA
Flores-Timur Bagian Utara (NTT) = SIAGA

BACA:Kapolda NTT: Jangan Jadi Polisi Kalau Tidak Mau Ikut Aturan

BACA:Dana MTN Rp 50 Miliar Diduga Dinikmati Tikus Tikus di Bank NTT