Masyarakat Diimbau Terapkan Prokes Covid-19 Saat Kunjungan Presiden

Kunjungan Presiden Jokowi di Sumba Barat Daya beberapa tahun lalu
Kunjungan Presiden Jokowi di Sumba Barat Daya beberapa tahun lalu

SUMBA, SURYAFLOBAMORA.COM-Kunjungan Presiden Joko Widodo bersama rombongan ke Kabupaten Sumba Tengah dan Sikka, Selasa 23 Pebruari 2021, bakal disaksikan ribuan warga di dua wilayah tersebut.

Masyarakat antusias dan bergembira menyambut kedatangan orang nomor satu Indonesia itu. Untuk Pulau Sumba, ini merupakan kunjungan kedua Presiden Jokowi setelah mengunjungi Kabupaten Sumba Barat Daya pada beberapa tahun silam. Dan kali ini merupakan kunjungan perdana bagi Kabupaten Sumba Tengah.

Namun, diharapkan agar masyarakat tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, saat kunjungan Presiden Jokowi, Selasa (23/2/2021) besok.

“Besok Presiden RI kunjungi Sumba Tengah dan Maumere Sikka. Antusias masyarakat tak akan terbendung. Sehingga masyarakat harus tetap perhatikan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 saat kunjungan tersebut,” imbau Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu, Senin (22/2/2021).

Kata Jelamu, kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan ke Sumba Tengah dan Sikka, merupakan penjadwalan ulang, setelah dibatalkan pada pekan kemarin.

“Kita sudah dengan acuan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh masyarakat akan diperiksa sesuai dengan mekanisme. Semua pejabat yang akan menemani beliau akan di Swab Antigen dan juga pemeriksaan lainnya. Ini dilakukan untuk keamanan kita bersama,” katanya.

Menurutnya, masyarakat harus lebih ketat dalam menerapkanĀ  protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Mari kita tingkatkan kesadaran dengan penuh perhatian dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Jadi meskipun kita sangat bergembira dan antusias menyambut beliau, ya kita harus jaga diri dan tetap pake masker. Sebisa mungkin jaga jarak,” kata Jelamu.

Untuk diketahui, rombongan Presiden RI akan terbang dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dengan tujuan Bandar Udara Tambolaka. Dan sesuai rencana, presiden dan rombongan akan tiba di Tambolaka pukul 10.20 Wita. Setelah itu menuju Sumba Tengah melalui jalan darat.