Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Tektonik M 3,1

KUPANG, SURYAFLOBAMORA.COM-Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi NTT diguncang Gempa Bumi Tektonik M 3,1 di kedalaman laut 10 kilometer, Pukul 21.06.27 Wita, Minggu (18/4/2021) .

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, S.Si menjelaskan, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M= 3.1. Dan Episenter Gempa Bumi terletak pada koordinat 9,68 LS dan 118,42 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 km arah Barat Daya Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dangkal dan tidak berdampak signifikan,” jelas Margiono.

Katanya, hingga Minggu, 18 April 2021 pukul 23.48.40 Wita, hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Untuk itu, BMKG menghimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbau Margiono.

Dikatakannya, seluruh elemen masyarakat dapat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Editor: Alvin Lamaberaf