800 Personel TNI dan Polri Siap Amankan Kunjungan Presiden RI

Apel gelar pasukan pengaman kunjungan Presiden RI Jokowi di Lapangan Polsek Katiku Tanah Sumba Tengah
Apel gelar pasukan pengaman kunjungan Presiden RI Jokowi di Lapangan Polsek Katiku Tanah Sumba Tengah

SUMBA, SURYAFLOBAMORA.COM-
Sekitar 800 personel TNI dan Polri sedaratan Pulau Sumba, siap mengamankan kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Food Estate, Kabupaten Sumba Tengah, Selasa (23/2/2021).

Untuk pengaman tersebut, Personel Gabungan Kodim 1613/Sumba Barat dan Kodim 1601/Sumba Timur, serta Anggota Polres Sumba Barat dan Polres Sumba Timur, menggelar apel gabungan persiapan kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Sumba Tengah, Senin (22/2/2021) pagi tadi.

Apel gabungan yang digelar di Lapangan Kodim 1613/Sumba Barat tersebut, dipimpin langsung oleh Dandim 1613/Sumba Barat, Letkol Czi. Irawan Agung Wibowo, S.T.M, tr (han) didampingi oleh Kapolres Sumba Barat , AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H.

Turut hadir dalam apel, Kasdim 1613/Sumba Barat, Wakapolres Sumba Barat, Danki Brimob Kompi 3 Batalion A Pelopor Sumba Timur, Danki Brimob Kompi 4 Batalion A Pelopor Sumba Barat Daya, Kasat Sabhara Polres Sumba Timur, Para Perwira Kodim 1613/Sumba Barat, Para Perwira Polres Sumba Barat.

Dandim 1613/Sumba Barat  Barat Letkol Czi. Irawan Agung Wibowo, S.T.M, tr (han), mengingatkan, pengamanan VIP kunjungan Presiden RI sangat penting. Sehingga, seluruh pasukan yang tergabung dalam pengamanan, secara langsung maupun tidak langsung melakukan pengamanan. Selain itu, berpedoman pada protap-protap penyelenggaraan Operasi Pengamanan VIP dengan tetap mengutamakan tindakan preventif dan menghindari tindakan represif, dengan tidak mengambil resiko sekecil apapun.

“Pasukan yang tergabung dalam pengamanan ini, harus berpedoman pada protap penyelenggaraan Operasi Pengamanan VIP, dengan tetap waspada dan tidak mengambil resiko sekecil apapun dalam berlangsungnya kunjungan Presiden RI besok”, jelas Agung.

Menurut Agung, apel ini juga merupakan bentuk kesiap – siagaan dalam menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan RI 1 akan langsung ditempatkan di posisi pengamanan masing – masing, sesuai dengan surat perintah yang sudah di tentukan.