Pasien 054 Kota Kupang yang Meninggal Ciptakan Kluster Baru di BPN, 6 Orang Positif

Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19.

SURYAFLOBAMORA.COM – Pasien Covid-19 kasus 054 Kota Kupang yang meninggal dunia telah menciptakan kluster baru di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pasien bernama Sumral Buru Manoe (57), merupakan pegawai BPN Wilayah NTT, meninggal dunia di RSU WZ Johannes Kupang pada Selasa (29/9/2020) pukul 04.30 Wita.

Dalam rilis yang diterima Suryaflobamora.com, Kasus 054 tersebut telah menciptakan kluster baru di BPN dan telah menular kepada enam orang lainnya, termasuk istri pasien.

Kasus-kasus dari kluster baru itu tersebar di beberapa kelurahan di Kota Kupang.

Dijelaskan bahwa penyebab jumlah pasien yang terus bertambah adalah para ASN BPN tidak menyadari ketika Pasien 054 melakukan perjalanan ke Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebab, dia meminta izin untuk pergi ke Sabu-Raijua, ternyata mengantar anaknya ke Semarang dan melewati  Jakarta, Labuan Bajo, sebelum kembali ke Kupang.

Lantaran tidak memiliki informasi tersebut, ketika Kasus 054 kembali masuk kantor, dia melakukan kontak seperti biasa dengan para ASN di BPN.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Kasus 054 terinfeksi strain Covid-19 yang berbeda dengan pasien lainnya yang ada di kota tersebut. Strain Covid ini kabarnya memiliki penularan yang lebih cepat.

“Sehubungan dengan hal tersebut dan demi mencegah perkembangan serta penambahan pasien dari Kluster BPN, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menutup pelayanan maupun aktifitas kantor BPN.”

Pasien telah dimakamkan sesuai protokol Covid-19 di TPU Damai Fatukoa serta dalam pengawalan Sat Labtas, Sat Sabhara, Sat Intelkam Polres Kupang Kota, dan Kapolsek Maulafa.

Dikonfirmasi Jubir Satgas