Tentara AS Libatkan Robot Anjing Saat Latihan Perang

Prototipe Ghost Robotics Vision 60 beroperasi di Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada, pada 3 September 2020. (Foto dari CNN)

SURYAFLOBAMORA.COM – Robot anjing disertakan dalam latihan perang Angkatan Udara Amerika Serikat (AS), memberikan gambaran sekilas tentang medan perang potensial di masa depan.

Ini tampak seperti adegan film fiksi ilmiah. Muncul dari pesawat Angkatan Udara AS, robot anjing berkaki empat berlari ke lapangan udara di Gurun Mojave.

Tapi itu bukan film. Itu adalah latihan yang dilakukan minggu lalu, adalah salah satu eksperimen teknologi tinggi terbesar militer AS.

Terbang ke landasan udara yang mungkin bermusuhan di atas pesawat Angkatan Udara C-130, anjing-anjing robot itu dikirim ke luar pesawat untuk mengamati ancaman sebelum manusia di dalam pesawat mendapat serangan yang membahayakan keselamatan mereka.  Demikian menurut rilis berita Angkatan Udara AS pada 3 September 2020,  ,

Robot anjing buatan Boston Dynamics yang digunakan Pemerintah Singapura untuk berpatroli di taman-taman, memperingatkan pengunjung menjaga jarak. (Foto dari International Bussines Times)
BACA JUGASingapura Gunakan Robot Anjing Berpatroli di Taman, Peringatkan Warga Jaga Jarak

Gigi taring elektronik hanyalah satu tautan dalam apa yang oleh militer AS disebut Sistem Manajemen Pertempuran Lanjutan (ABMS).

Ia menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan analitik data cepat untuk mendeteksi dan melawan ancaman terhadap aset militer AS di udara dan kemungkinan serangan tanah dengan rudal atau cara lain.

Will Roper, asisten sekretaris Angkatan Udara untuk akuisisi, teknologi, dan logistik, mengatakan, di medan perang masa depan, tentara akan menghadapi “serangkaian informasi yang memusingkan” untuk menilai dan perlu mengandalkan sintesis data yang dilakukan dalam nanodetik untuk bertarung secara efektif.

“Menilai data sebagai sumber daya perang yang penting, yang tidak kalah pentingnya dari bahan bakar jet atau satelit, adalah kunci untuk peperangan generasi berikutnya,” kata Roper dalam rilis berita Angkatan Udara tentang latihan ABMS.

Latihan di Pangkalan AU Nevada