Pesona Ratu Balqis yang Menaklukan Raja Sulaiman Dalam Kisah Kerajaan Saba

Kecantikan Ratu Balqis yang membutakan mata
Kecantikan Ratu Balqis yang membutakan mata

SURYAFLOBAMORA.COM-
Cerita soal ratu cantik, biasanya dalam pikiran orang-orang, langsung terbesit nama-nama terkenal, seperti Cleopatra atau Si Wu Zetian sang pemikat. Dan tak disalahkan jika mengingat kecantikan orang-orang ini yang sungguh mempesona.

Tetapi, dalam cerita soal Ratu paling cantik, biasanya orang-orang cukup jarang menyebut dua nama itu. Keduanya, dianggap takkan bisa menandingi keelokan seorang ratu yang akan jadi bahasan kita kali ini.

Ratu yang dimaksud ini adalah sang penguasa negeri Saba yakni Balqis. Menurut banyak cerita Ratu Balqis adalah sosok yang luar biasa cantik. Parasnya begitu menawan dan sangat terjaga. Seandainya Ratu Balqis ada di zaman ini, maka sudah tentu, Kim Kardashian atau wanita-wanita tercantik lainnya, bakal minder dengan pesonanya. Sungguh menggetarkan setiap hati yang memandang.

Tak hanya cantik, Ratu Balqis juga punya watak yang benar-benar sempurna sebagai seorang Ratu. Ia sangat jauh dari perangai buruk dan sifat-sifat tercela lainnya. Lalu, seperti apa sosok istri Nabi Sulaiman ini?

Tentu bukan tanpa alasan kenapa Ratu Balqis disebut sebagai sosok Ratu paling cantik. Menurut cerita yang ada, secara fisik sang penguasa Saba ini, sungguh luar biasa. Ratu Balqis digambarkan begitu jelita dengan kulitnya yang bersinar, paras ayu nan teduh yang bisa membuat siapa pun akan takluk dengan cara santun.

Hal itu terbukti dikalah Ratu Balqis memutuskan untuk mendatangi Nabi Sulaiman. Ketika itu, semua rakyat dari sang Nabi terkaya itu, memandangi tiada henti sosok sang Ratu. Mereka seolah terpana lalu terhipnotis dengan kecantikan bak bidadari yang dipancarkan oleh sang Ratu.

Wanita cantik selalu identik dengan persepsi yang kadang kurang mengenakkan. Seperti kesan manja, kemayu, dan sebagainya. Tetapi, hal yang semacam ini, tidak sedikit pun dimiliki oleh seorang Ratu Balqis. Beliau cantik luar biasa, tapi begitu tangguh.

Buktinya tentu adalah bagaimana sosok sang ratu ini memimpin kerajaan besarnya tersebut. Saba sering disebut-sebut sebagai salah satu kerajaan yang luar biasa. Tentu, untuk bisa mengatur kerajaan seperti itu dibutuhkan sosok yang tegas dan luar biasa. Ratu Balqis bisa melakukan hal luar biasa itu. Saba di bawah kekuasaannya pun jadi salah satu kerajaan paling makmur dan kuat di masanya.

Bukan dengan tangan besi Ratu Balqis memimpin Saba hingga menjadi luar biasa. Hal-hal baik yang terjadi kepada negeri itu, tak lain karena kehebatan sikap sang Ratu yang mengagumkan. Misalnya, tak pernah berlaku otoriter dan selalu mendengarkan suara siapa pun.

Misalnya ketika beliau mendapatkan surat dari Nabi Sulaiman. Ratu Balqis tak serta merta mengambil keputusan sendiri, melainkan bermusyawarah dengan para petinggi kerajaan. Ada yang memutuskan untuk perang, mengingat kerajaan Saba cukup terkenal dengan bala tentaranya. Namun, sang Ratu memilih untuk menjalin persahabatan dan malah mengirim hadiah. Ini juga jadi bukti lain, jika sang Ratu adalah sosok yang sangat bijaksana.

Lazimnya, seorang Ratu penguasa, bakal bersifat sombong dan congkak. Tetapi Ratu Balqis sama sekali tidak menunjukkan sifat tersebut. Secara fisik dirinya sungguh cantik dan memiliki kekuasaan luas, tetapi Ratu Balqis malah memiliki sifat yang benar-benar terbalik. Begitu rendah hati dan menerima kekurangannya.

Hal tersebut bisa tampak terlihat dari adegan, ketika Ratu Balqis masuk ke dalam Istana Nabi Sulaiman. Ketika itu, sang Ratu mengangkat tinggi gaunnya, begitu melihat air di dalam Istana yang ternyata adalah lantai kaca. Saat itu, sang Ratu pun langsung bersimpuh dan mengatakan, jika dirinya adalah seorang yang lemah dan tak punya daya. Beliau langsung mengakui, jika Nabi Sulaiman adalah sosok yang luar biasa.

Mengatakan wanita sempurna itu adalah hal yang bisa dibilang mustahil. Tetapi, ketika kita membaca kisah Ratu Balqis, rasa-rasanya cukup pantas, jika Ratu Balqis ini dijuluki wanita sempurna. Tak hanya punya fisik yang sungguh luar biasa, sang Ratu juga seorang penguasa hebat. Namun, di balik semua itu, dirinya memiliki kerendahan hati yang sangat mengagumkan.

Editor: Alvin Lamaberaf
Dari berbagai sumber