Ikan Paus Biru Raksasa Dikubur di Pantai Nifuleo Kupang Nusa Tenggara Timur

Ikan Paus Biru raksasa dikuburkan di bibir pantai desa Nifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang .
Ikan Paus Biru raksasa dikuburkan di bibir pantai desa Nifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang .

SURYAFLOBAMORA.COM – Seekor ikan paus biru raksasa yang mati terdampar di pantai Kecamatan Nunhila, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (21/07/2020) akhirnya dikuburkan di bibir pantai desa Nifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang .

Seperti diberitakan sehari setelah ditemukan terdampar, bangkai ikan paus raksasa tersebut sempat hilang terseret arus laut. Namun bangkai ikan tersebut kembali dibawa arus laut ke pantai Nifuleo.

Upaya untuk menguburkan ikan raksasa oleh petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTT dan Balai Konservasi Kawasan Perairan Nasional Kupang sempat terkendala disebabkan bobot paus yang mencapai sekitar 100 ton akibat perut paus telah banyak mengandung gas, sehingga menyulitkan petugas menarik bangkainya menggunakan alat berat ke bibir pantai desa Nifuleo.

.BACA: Ikan Paus Raksasa Terdampar di Pantai Nunhila Kupang NTT

.BACA:Gubernur NTT: Ikan Kerapu di Riung Ngada, Bisa Menghasilkan RP 70 Miliar

Petugas akhirnya menunda proses penguburan bangkai paus itu. Penguburan ikan baru dilaksanakan setelah petugas membedah perut paus untuk mengeluarkan gasnya, sehingga memudahkan petugas menarik bangkai paus ke lubang.

Sebelumnya Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang menyebutkan bobot ikan paus biru yang terdampar dan mati di pesisir pantai Nunhila, Kota Kupang, Ibu Kota Nusa Tenggara Timur ini mencapai 100 ton dan diperkirakan berusia 70 tahun.

Diketahui panjang paus biru tersebut mencapai 20 meter sementara lingkar perutnya mencapai 12 meter.(*)