Para Peneliti Percaya Asteroid Penyebab Dinosaurus Punah

peneliti percaya bahwa erupsi vulkanik besar menjadi penyebab sebenarnya dari peristiwa kepunahan yang menewaskan 75 persen kehidupan di Bumi.(ist)

SURYAFLOBAMORA.COM – Selama ini perdebatan di antara para ilmuwan tentang apa sebenarnya yang menyebabkan planet ini menjadi tidak bisa dihuni oleh Dinosaurus jutaan tahun lalu terus berlanjut.

Satu kubu meyakini bahwa Asteroid raksasa menghantam Bumi di lepas pantai Meksiko 66 juta tahun yang lalu dan menyebabkan kematian semua spesies Dinosaurus kecuali burung.

Namun, beberapa peneliti percaya bahwa erupsi vulkanik besar menjadi penyebab sebenarnya dari peristiwa kepunahan yang menewaskan 75 persen kehidupan di Bumi.

Para peneliti dari UCL, Imperial College London, dan University of Bristol telah menyelesaikan studi baru yang menunjukkan bahwa hanya dampak Asteroid yang dapat menciptakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi Dinosaurus di seluruh dunia.

Menurut penelitian ini, vulkanisme masif bisa membantu kehidupan pulih dari serangan Asteroid dalam jangka panjang berkat potensi pemanasan global.